Jumat, 04 September 2009

Tetaplah Tenang Bila Terjadi Gempa

Bencana alam memang tidak pernah dapat diramalkan secara tepat oleh manusia. Salah satu kemarahan alam yang paling tidak dapat diprediksi adalah gempa bumi. Salah satu penyebab gempa bumi adalah pergeseran lempengan permukaan bumi. Terkadang pergeseran lempengan tersebut terjadi di dasar laut. Tsunami dapat saja terjadi apabila hal tersebut terjadi.

Kali ini, CHIP akan memberikan beberapa tips apabila terjadi gempa dalam skala yang cukup besar.

1. Tetap tenang.

2. Matikan kompor gas apabila sedang dipakai. Selain itu, matikan saluran gas yang ada di dalam rumah Anda. Jangan lupa untuk mematikan api. Gempa bumi yang kencang dapat membuat goncangan yang dapat membuat benda tersebut meledak. Oleh karena itu, selalu siapkan alat pemadam api demi keamanan Anda.

3. Carilah lapangan terbuka. Gempa yang kuat dapat merobohkan bangunan. Oleh karena itu, apabila Anda berada di tempat terbuka, Anda dapat terhindar dari serpihan bangunan atau benda-benda yang berjatuhan.

4. Jika Anda berada di dalam gedung perkantoran atau Anda sedang bekerja di gedung bertingkat, sebaiknya Anda jangan terburu-buru untuk keluar. Tunggu sampai gempa sedikit mereda, setelah itu bawa kotak P3K dan keluarlah melalui jalur darurat yang telah disediakan sambil melindungi kepala.

5. Bagi Anda yang sedang berkendara, sebaiknya jangan langsung menggunakan rem darurat. Berhentilah perlahan-lahan ke kiri bahu jalan. Apabila melihat pompa bensin di dekat Anda, segera jauhkan mobil dan diri Anda. Ingat tips no 2? Ya betul, gas sangat mudah meledak. Selain itu, berhenti di bawah jembatan penyebarangan sangat tidak dianjurkan. (3 September 2009)

Source : Various
Author : Deliusno

Sumber :

http://www.chip.co.id/featured-tips/tetaplah-tenang-bila-terjadi-gempa.html

4 September 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar