Jumat, 04 September 2009

Fakta Gempa

Gempa-gempa kecil tidak selalu berarti merupakan pendahuluan dari sebuah gempa besar.
Gempa kecil bisa jadi dipicu oleh kegiatan manusia seperti pengisian reservoir dan penyuntikan cairan kedalam sumur untuk memperbaiki mutu minyak maupun buangan. Tercatat beberapa kasus di sejumlah wilayah AS, Kanada, Jepang dan India.
Gempa terbesar terjadi di Chili pada 22 mei 1960 dengan kekuatan 9,5 skala Richter. Gelombang seismicnya menguncang seluruh bumi selama berhari-hari, fenomena ini yang di sebut dengan earth free oscillation.
Pendulum seismoscope pertama untuk mengukur getaran bumi selama gempa dibuat pada tahun 1751.
Tahun 1855, patahan pertama kali dikenal sebagai sumber gempa.
Hypocenter gempa adalah lokasi dibawah permukaan bumi dimana patahan mulai retak.
Epicenter gempa adalah lokasi tepat
diatas hypocenter dipermukaan Bumi.
Diperkirakan setiap tahun 500.000 gempa terdeteksi di dunia. Sebanyak 100.000 diantaranya dapat dirasakan, dan 100 diantaranya menyebabkan kerusakan.
Magnitude gempa diukur berdasarkan ukuran gempa. Di lokasi pengukuran dimanapun getaran dirasakan , magnitudenya adalah sama.
Intensitas gempa diukur berdasarkan getaran yang dihasilkan gempa. Angkanya bervariasi di tiap lokasi yang terkena efek gempa.
Tidak ada gempa akibat cuaca.
Kebanyakan gempa terjadi di kedalaman kurang dari 80 km di bawah permukaan Bumi.
Gempa paling awal yang tercatat secara lengkap adalah gempa di Shandong, Cina pada 1831 SM. Catatan seadanya dimulai pada 780 SM pada masa pemerintahan Zhou Dynasty di Cina.
Aristoteles menemukan pada 350 SM bahwa permukaan lunak berguncang lebih keras dibandingkan dengan permukaan keras sewaktu gempa.
Tahun 1760 Insinyur Inggris John Michell mencatat gempa disebabkan oleh pergeseran massa batuan di bawah permukaan.
Kebanyakan gelombang gempa memiliki frekuensi kurang dari 20 Hz. Jadi suara gemuruh yang didengar manusia adalah suara benda-benda yang terguncang. (21 Juni 2007)

Sumber:

Angkasa 2005, dalam :

http://karangsambung.lipi.go.id/?p=32

4 September 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar